My Organization


Ikatan Apoteker Indonesia (IAI)/Indonesian Pharmacists Association
Ikatan Apoteker Indonesia (IAI), yang sebelumnya bernama ISFI (Ikatan Sarjana Farmasi Indonesia) diganti menjadi IAI pada tanggal 09 Desember 2009, merupakan satu-satunya organisasi para Apoteker Indonesia, sebagai wadah dalam upaya pengembangan Profesi Farmasi di Indonesia. IAI mempunyai fungsi:
– sebagai wadah berhimpun para Apoteker Indonesia
– menampung, memadukan, menyalurkan dan memperjuangkan aspirasi Apoteker Indonesia
– membina para anggota dalam rangka meningkatkan dan mengembangkan Profesi Farmasi dan IPTEK kefarmasian
Informasi lebih lanjut dapat dilihat di website resminya: http://www.ikatanapotekerindonesia.net

Jaringan Mahasiswa Kesehatan Indonesia (JMKI) merupakan organisasi mahasiswa kesehatan lintas profesi kesehatan tempat mengkaji dan memecahkan berbagai permasalahan di bidang kesehatan secara menyeluruh sebagai wujud pengabdian masyarakat yang independen, egaliter, dan demokratis. Saat ini JMKI beranggotakan lima profesi kesehatan, yaitu Kedokteran, Kedokteran Gigi, Keperawatan, Farmasi, dan Kesehatan Masyarakat. Didirikan pada KMKI I bln Agustus 2000, tujuannya berperan serta secara aktif dlm memperjuangkan peningkatan derajat kesehatan masyarakat Indonesia.
Kepengurusan nasional pada awalnya dipegang oleh 5 org presidium dari 5 profesi kesehatan (Farmasi, KU, KG, Keperawatan, Kesehatan Masyarakat). Kemudian dalam perkembangannya, JMKI nasional diketuai oleh 1 orang Sekjen (Sekretaris Jenderal) yang mewakili 5 profesi kesehatan yang tergabung dalam JMKI.

Dalam perkembangannya, JMKI masih terus berjuang untuk meningkatkan kinerjanya serta meningkatkan pengabdian kepada masyarakat khususnya dalam bentuk peningkatan kesehatan masyarakat. JMKI bergerak melalui kegiatan-kegiatan seperti: sharing dan memecahkan malasah kesehatan bersama, pengkajian isu kesehatan, kegiatan kemanusiaan, seminar kesehatan, upgrading diri dan organisasi melalui latihan kepemimpinan, kongres, roadshow, dan kegiatan-kegiatan lainnya (seperti pelatihan tanggap bencana).

Silakan untuk info lebih lengkap cek website resmi JMKI berikut http://jmki.weebly.com

Pengalaman di JMKI:

  • Komisariat Fakultas Farmasi UGM 2006-2007
  • Koordinator Wilayah JMKI (Koorwil) 2007-2008
  • Koordinator Badan Pengawas Wilayah (BPW) 2008-2009
  • Wakil Sekretaris Jenderal (Wakin Sekjen) 2008-2010
  • Tim Revisi Panduan Induk Kaderisasi dan Organisasi (PIKO) 2010

Kegiatan yang pernah diikuti di JMKI:

  • Rapat Kerja Nasional (Rakernas) di Surabaya
  • Pra-Kongres Mahasiswa Kesehatan Indonesia (Pra-KMKI) di Bandung
  • Latihan Kepemimpinan & Keterampilan (LKMM) di Jawa Tengah
  • Latihan Kepemimpinan & Keterampilan (LKMM) di Yogyakarta
  • Rapat Kerja Wilayah (Rakerwil) JMKI Jogja
  • Musyawarah Wilayah (Muswil) JMKI Jogja
  • Up-Grading JMKI Jogja
  • Roadshow JMKI Jogja ke universitas-universitas dan institusi kesehatan Jogja
  • Seminar-seminar dan diskusi publik tenteng isu-isu kesehatan yang sedang update
  • Advokasi ke institusi kesehatan terkait misal: Dinas Kesehatan

Bulan Sabit Merah Indonesia (BSMI) Klaten-Indonesian Red Crescent

Bulan Sabit Merah Indonesia merupakan sebuah lembaga kemanusiaan, seperti juga Palang Merah Indonesia. Baik Palang Merah maupun Bulan Sabit Merah merupakan dua lambang kemanusiaan yang diakui oleh dunia internasional melalui konvensi Geneva. Diawali pada perang Turki-Rusia pada 1876-1878 saat Turki Ottoman menggunakan lambang Bulan Sabit Merah, maka sejak itu penggunaan lambang Bulan Sabit Merah sebagai salah satu lambang kemanusiaan mulai dikenal luas dan mendapat pengakuan dunia internasional. Jauh sebelum itu saat Perang Badr pecah, para Sahabat Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi Wa Salam menggunakan lambang Bulan Sabit Merah sebagai lambang kemanusiaan. Demikian pula saat terjadi perang salib, tentara Muslim di bawah pimpinan Salahuddin menggunakan lambang Bulan Sabit Merah bagi satu korps kemanusiaan yang berisi tenaga medis.

Lambang Bulan Sabit Merah secara resmi diakui sebagai salah satu lambang kemanusiaan pada tahun 1929. Semenjak saat itu hingga sekarang sebanyak 33 Negara menggunakan lambang Bulan Sabit Merah sebagai lambang resmi organisasi kemanusiaannya, termasuk beberapa negara yang mengubah lambang kemanusiaannya dari Palang Merah menjadi Bulan Sabit Merah, yaitu Pakistan (1974), Malaysia (1975), dan Bangladesh (1989).Di Indonesia Bulan Sabit Merah hadir pada Sabtu, 8 Juni 2002 atau bertepatan dengan 27 Rabi’ul Awwal 1423 H. Bulan Sabit Merah Indonesia di deklarasikan di ruang Buya Hamka, Masjid Al Azhar Jakarta. Deklarasi ini dihadiri oleh Ketua MUI Pusat Bpk H. Amidhan, tokoh masyarakat, perwakilan organisasi Islam, lembaga kemanusiaan, mahasiswa dan pelajar serta perwakilan 15 cabang BSMI dari seluruh Indonesia.

VISI BSMI

Lembaga Kemanusiaan Nasional yang berkhidmat dalam bidang kesehatan dan sosial di Indonesia dan bekerja sama dengan lembaga kemanusiaan di tingkat nasional, regional, dan internasional

MISI BSMI

Kemanusiaan (Kesehatan dan Sosial)

MOTO

Care For Life

BSMI secara nasional berdiri 6 tahun lalu, 8 Juni 2002 di Jakarta. BSMI Klaten sendiri didirikan terkait bancana alam gempa Yogyakarta dan Klaten tahun 2006 silam. Kiprah utama BSMI adalah dalam penanganan korban bencana alam dan pelayanan kesehatan yang bersifat sosial. Kembangannya cukup bervariatif, baik pelayanan kesehatan, pelatihan kesehatan untuk relawan maupun untuk masyarakat luas.

(Diambil dari Website Resmi BSMI Cabang Yogyakarta: http://bsmiyogyakarta.wordpress.com)
Pengalaman di BSMI:

  • Relawan BSMI untuk Korban Merapi Yogyakarta, 2011
  • Touring Bakti Sosial Jawa Timur, 2011
  • Pelayanan Kesehatan Gratis di Pulau Bangka, 2011
  • Bakti sosial di Pamanukan, Subang, Jawa Barat, 2011
  • Bakti sosial di Kabupaten Muna, Raha, Kendari, Sulawesi Tenggara, 2011

    Untuk info lebih lanjut tentang BSMI di seluruh Indonesia bisa dilihat di Indonesian Red Crescent Society http://indonesianredcrescent.blogspot.com atau official website Indonesian Red Crescent (http://bsmi.or.id).

Association SHELL Grantees (Penerima Beasiswa PT SHELL Indonesia)

Tergabung dalam Forum Alumni Penerima Beasiswa SHELL. Beasiswa diberikan selama studi S-1 hingga lulus (Bachelor Undergraduate Scholarship).

SHELL At A Glance
We are a global group of energy and petrochemicals companies with around 93,000 employees in more than 90 countries and territories. Our innovative approach ensures we are ready to help tackle the challenges of the new energy future.

The origins of the oil industry in Indonesia and those of what subsequently became Royal Dutch Shell plc are closely connected. Shell’s historical links with Indonesia are strong. The discovery of commercial quantities of crude oil in Sumatra just over 100 years ago led directly to the formation of Royal-Dutch Petroleum.

To know more about SHELL, please check the official website: http://www.shell.co.id

Kegiatan yang pernah diikuti selain mendapat beasiswa di SHELL:

SHELL Scholarship Day (Training & Self-Development Program was conducted by PT SHELL Indonesia)

Studium General SHELL Energy Scenarios 2050: Tantangan Energi dan Perubahan Iklim which was held by PT SHELL Indonesia

Promotion about SHELL Competition: SHELL Eco-Marathon & SHELL LIVE WIRE Business Start-Up Awards

4 thoughts on “My Organization

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s