Akhirnya Kompre Berakhir Sudah!


Yeaaayyyyyy….Kami semua bersorak gembira ketika ujian kompre (komprehensif_red) hari ini berakhir sudah. Setelah satu per satu keluar dari ruangan, beberapa dari kami menyempatkan berkumpul di lobi dan bersenda gurau, saling bertanya apa saja yang penguji tanyakan di dalam ruangan, dan membicarakan rencana ke depan, setelah lulus Apoteker ini. Kebanyakan sudah ada gambaran akan kemana, mau ngapain, dan rasanya sedih juga yah dah pada mau pisah (semua ada masanya T_T). Bagi teman sekelas saya yang sudah menikah dan sedang dag dig dug menunggu kapan dapat momongan, saya doakan disegerakan menjadi ‘bunda’, bagi yang akan melangsungkan pernikahan setelah lulus ini saya doakan semoga proses menuju pernikahan berjalan lancar, dan bagi sebagian besar dari kami yang memutuskan untuk berkarier dulu saya doakan kita semua mendapat tempat ‘mengabdi, berkarya, dan berkarier’ sesuai dengan keinginan, hati nurani, dan tujuan hidup masing-masing. Tetap kontak-kontakan, bertukar informasi, berbagi pengalaman, dan belajar seumur hidup. Seperti kata salah satu dosen kita, ‘Tidak semua pekerjaan bisa dikatakan sebagai sebuah profesi, sebuah profesi dituntut untuk belajar seumur hidup, juga terdapat tanggung jawab moral di sana’. Selamat bergabung dalam Komunitas Profesi Apoteker!

Wah ga kerasa yah teman-teman, sudah sampai di titik ini, pengen mengenang masa-masa perjuangan mencapai Apoteker ini. Bayangkan untuk menjadi Apoteker, kita perlu kuliah S-1 paling tidak 4 tahun. Paling tidak saat itu kita harus melewati yang namanya ujian skripsi, disidang sama dosen penguji dan pembimbing, mempertanggungjawabkan hasil penelitian kita. Langsung lanjut ke Program Apoteker yang makan waktu sekitar 1 tahun, dimulai dari teori di dalam kelas 3 bulan, tak lama setelah itu harus menjalani magang di Apotek dan Industri Farmasi (bagi minat Farmasi Sains dan Industri) atau Apotek dan Rumah Sakit (bagi minat Farmasi Klinik dan Komunitas), menjalani ujian teori I, II, III, atau sampai ke IV. Bagi yang langsung beruntung dapat A semua yah gak usah pake sampe ujian IV segala…hehehe tidak termasuk saya yang harus ikut sampe ujian IV🙂. Setelah itu, dihadapkan laporan Apotek dan Industri plus ‘dibantai’ pula di industri buat saya dan partner saya sama pengampu magang kami di sana. Ada sisi positifnya memang karena kami udah dibantai duluan di sana, jadi pas di kampus bisa jadi agak sok ‘pintar’ gitu. Hahahahaha….Bayangkan kami diminta presentasi di depan manager di sana plus supervisor masing-masing anak dari jam 3 sore ampe 9 malam (Subhanallah, kalau saya ingat saat-saat itu, gak kebayang saya bisa melewatinya…). Ternyata ujian belum kelar, kami harus menjalani ujian pre-komprehensif atau semacam ujian kompetensi begitulah…Tujuan biar tahu udah kompeten belum jadi Apoteker. Belum selese pembaca, setelah itu kami masih ada ujian pamungkas lagi yakni tak lain tak bukan ujian komprehensif yang mendatangkan praktisi dari luar untuk masing-masing bidang. Yang bikin deg-degannya soal-soal yang diajukan penguji bisa sangat bebas dari bahan S-1 ampe sekarang atau permasalahan aktual/terkini kefarmasian dan teknis di lapangan. Nah, ujian ini yang konon paling mendebarkan seumur-umur di farmasi. Alhamdulillah, ternyata tidak semenakutkan yang saya pikirkan walaupun ada juga seh pertanyaan yang gak bisa saya jawab, keluarkan jurus pamungkas senyum-senyum gak jelas. Hehehehehe🙂

Akhirnya, the last, mari teman-teman kita siapin bareng-bareng yok buat Wisuda dan Sumpahan Profesi kita bulan depan. Paling tidak buat acara sebagus mungkin sebagai kenang-kenangan yang indah buat orang tua kita, dosen-dosen kita, sama fakultas kita. Wah, senang deh rasanya bisa kasih ‘hadiah’ lagi buat orang tua…Papa, Mama,,,,Anakmu dah jadi Ahli Obat euy sekarang!


Ya Ampun, baru nemu ini foto. Ini foto jadul pas jaman-jaman masih sering ngelab. Foto ini diambil pas ngelab di Bagian Farmakologi, yang banyak berhubungan ma tikus-tikus, mencit, ma kelinci…hehehe gak kebayang khan ternyata saya tega juga bikin kelinci imut ini mati di tangan saya…hahahaha sebagai korban sang praktikan🙂


Ini foto terbaru pas magang di Rumah Sehat & Apotek UGM. Berfoto bersama teman yang sedang magang dan juga Mba Vita-Apoteker di sana


Kumpulan foto-foto pas magang di GSK Indonesia, Jakarta. Kanan atas, berfoto bersama internee lainnya, Dewi & Tata (dari Ubaya)-Cha2-Surya (Ki-Ka). Kiri atas, berfoto di lobi office bersama Pak Amin dan juga Cindy dari Swiss-German Univ. Kanan bawah, berfoto bersama bagian Warehouse. Kiri bawah, ‘girls day out after work’ (hangout bersama Mba Furry & Mba Wandhya). Saya kangeeennn kalian…:)


Teman-teman seperjuangan pas magang di GSK. Si Cindy, yang paling bontot makanya sering kita kerjain. Hehehe peace ah Cin,,,ntar cerita-cerita yah pengalamanmu magang di Jerman-nya🙂 atau sekalian kita bikin reuni aja yah brp thn lagi…Good idea🙂

PS:
Thanks to Allah, yang sudah memberi saya kekuatan menyelesaikan kewajiban ini sampai akhir.
Thanks to Papa & Mama, yang sudah mensupport saya habis-habisan.
Thanks buat Ucen, adik saya yang nyemangatin saya supaya cepat lulus. Semoga saya bisa memberikan contoh yang baik buat Ucen. Seneng deh adik saya ini jadi ikutan semangat kuliahnya. Selamat yah semester ini cum-laude khan!
Thanks buat sahabat baik saya, Muthia yang hampir tiap malam menjelang ujian memberi sms-sms penyemangat. Ini saya kutip salah satunya:
‘ Dear Cha-Cha, selamat berjuang, semoga diberi kemudahan dan mendapatkan hasil yang maksimal atas usaha yang dilakukan. Yang penting SEMANGAT. Muacchhh:-*’
Thanks juga buat (mantan) pacar saya, yang tidak memberi semangat langsung tapi paling tidak saya jadi semangat untuk menempuh pendidikan setinggi-tingginya dan memberi wawasan saya ke depan. Semoga dalam beberapa tahun mendatang, saya juga bisa ambil master dan doktor di bidang yang saya sukai. Amien….Dr. Hafsyah Zahara, S. Farm., Apt., MM, MBA (it doesn’t sound weird, isn’t it?)
Ok deh, berhubung suasana hati sedang gembira, aman, sentosa, saya ucapkan thanks untuk semua yang sudah mendoakan dan memberi semangat seperti teman blogger saya Tuaffi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s