Saya ‘Jatuh Cinta’ dengan Dunia PR


Saya suka melihat Rachel saat membawakan acara masak-masak di Metro TV, sangat mengalir dan terasa keakraban dengan pemirsa yang hadir di studio.
Saya suka saat melihat Oprah Winfrey membawakan acara Oprah Winfrey Show. Ia tahu bagaimana caranya bersimpati, berempati, membangkitkan semangat orang lain, dan mempengaruhi orang lewat kata-katanya.
Saya suka saat melihat Tina Thalia dan Hanum Rais saat membawakan acara. Pertanyaan yang dilontarkan tajam, tepat sasaran, gaya ‘mengejar’ narasumber dengan pertanyaan-pertanyaan bermutu. Saya sempat terpikir untuk menjadi seperti mereka, mereka yang berasal dari background dokter gigi namun akhirnya malah malang-melintang menjadi jurnalis, reporter, dan penulis.
Saya suka saat melihat Desy Anwar saat membawakan acara, terlihat betapa cerdas dan luasnya pengetahuan ia akan suatu hal. Gayanya yang luwes, matanya yang tajam, dan kecerdasan dalam pemilihan kata.
Saya suka ketika melihat Najwa Shihab menjadi jurnalis untuk meliput Tsunami Aceh. Sungguh menyentuh kalbu bagaimana ia melaporkan apa yang terjadi di bumi Serambi Mekah itu. Ia membawakan acara tersebut sambil menitikkan air mata dengan wajah tanpa make up. Setahu saya, jurnalis tidak boleh membawa-bawa emosinya ketika memberitakan akan sesuatu, tapi saya appreciate dengan apa yg ia lakukan. Dan itu pulalah yang mengantarkan ia mendapat penghargaan sebagai jurnalis terbaik peliput tsunami Aceh.

Nama-nama di atas adalah beberapa nama news anchor (pembawa acara) dan host reality show yang saya kagumi. Ada banyak public figure yang saya kagumi karena keahlian mereka ‘tampil’ di muka publik. Harus saya katakan, saya ‘jatuh cinta’ dengan dunia ini (public relation & public speaking_red). Dan sepertinya saya harus banyak berguru dengan ayah saya yang akhirnya menyeberang ke dunia ini.

‘Public relation & public speaking is not just for public figure but those skills are neeeded for you to build your career in the future’, kira-kira begitulah kata papa.

Leave a Reply

