PKPA/PKL…Siapa Takut!!!


Akhir-akhir ini sering sekali entah itu di-sms atau kalau ketemu adik tingkat saya yang sedang profesi, sering sekali ‘dibombardir’ dengan pertanyaan A sampai Z tentang magang (PKPA/PKL) baik itu di Industri atau di Apotek, pkpa di Rumah Sakit saya tidak tahu karena saya tidak mengalaminya (tanya sama anak FKK saja ya!) Nah, mungkin lebih efektif buat tulisan aja kali yah. Bisa dibaca, direnungkan, disimak. Dan mumpung saya lagi mood buat nulis sepanjang ini (hehehe….). Ini versi saya loh ya (mungkin agak berbeda kalau bertanya ke teman saya yang lain yang juga sudah magang but overall gak jauh beda lah proyeksi saya…). Semoga bermanfaat untuk persiapan yang lebih kurang tinggal satu setengah bulan lagi (itu pun kepotong ujian 3 minggu…hehehe selamat menikmati sensasi menjelang PKPA/PKL!)

Frequently Asked Questions

Q : Mba, gimana seh mekanismenya kita ditempatin di Industri X, Y, dst atau di Apotek X, Y, dst? Dipilihkan, kita yang milih, atau undian?

A : Sebenarnya pemilihan tempat untuk industri dan apotek di mana kita ditempatkan itu tidak ada aturan ‘saklek’ dari Program Profesi kita. Namun sejauh pengamatan saya, ada beberapa mekanisme seperti:

  • Kalau dalam satu angkatan profesi, mahasiswa/i-nya sedikit (seperti angkatan saya), mekanismenya: kami diminta memilih 10 industri yang akan ditempati untuk PKL (terserah komposisinya mau PMDN semua atau mix antara PMDN-PMA) kemudian profesi yang akan menentukan berdasarkan transkrip nilai dan nilai TOEFL yang sudah kalian masukkan pas awal masuk, kemampuan ekonomi kalian (why???kok nyambung ke sana? Ntar yah, bakal dibahas lebih lanjut…), atau permintaan resmi tertulis kalian minta ditempatkan di suatu daerah (misal karena kalian pengen sekalian menjalankan bisnis di daerah tsb, jadi bisnis dan PKL kalian bisa terlaksana sekaligus…itu terjadi di angkatan saya, jangan tanya siapa).
  • Kalau dalam satu angkatan profesi, mahasiswa/i-nya banyak, kemungkinan akan dilakukan pengundian walaupun untuk beberapa perusahaan ada yang ‘main tunjuk’ orang langsung berdasarkan persyaratan yang diminta oleh ‘Si Perusahaan’. Misalnya sedikit bocoran neh, GSK mensyaratkan IPK > 3,0 dan nilai TOEFL tinggi, Ferron mensyaratkan IPK cumlaude dan mengerjakan tugas khusus sebelum PKL, Berlico IPK > 2,75, dll (bisa dilihat di akademik profesi atau ditempel di papan pengumuman). Tapi kalau IPK kalian > 3,0 (itu berarti kalian sudah ‘aman’), kalau tidak santai aja profesi yang akan berpikir keras menempatkan kita di mana…hehehe kita bayar kok ya, jadi biarkan ‘mereka’ bekerja maksimal…***hahaha akal bulus
  • Kita meminta/memilih untuk ditempatkan ‘dimungkinkan’ tapi ‘tidak dianjurkan’ berombongan karena profesi jg banyak kerjaan. Hehehe…Jadi misalnya kalian pengennya di industri X tapi ternyata malah teman kalian yang dapat, di lain pihak kalian masuk kualifikasi perusahaan itu dan teman kalian mau gantian…Iya itu gak masalah, tapi kalau tidak yah diterima aja, belum tentu loh yang kalian pikirkan di awal sesuai dengan harapan di awal…Kadang PKL banyak terjadi hal-hal unexpectable!!!

Q: Trus, kalau pengumumannya sudah keluar aku harus gimana donk Mba?

A : Tenang…tenang….Don’t be panic! Jadi, hal pertama yang harus kalian lakukan adalah mengecek apakah sudah ada surat dari industri yang menyatakan mereka menerima kalian sebagai mahasiswa/i PKL/PKPA, biasanya di surat itu juga tertera apa saja peraturan yang harus kalian patuhi, tugas khusus sebelum PKL (jika ada), membuat essay singkat kayak motivation letter gitu (jika ada). Trus kalo dah nerima suratnya harus ngapain? Yah kalian harus AKTIFFF donk yah, telepon ‘Si Perusahaan Bakal Calon Tempat Magang’ (nomor telepon masing-masing industri ada di profesi), tanyakan apakah mereka sudah menerima surat dari Program Profesi UGM perihal PKL/PKPA, trus kapan kita bisa mulai PKL, harus menemui siapa/siapa pengampu kita selama di sana, harus datang jam berapa pas di awal, apa saja surat yang perlu dibawa dari Profesi, kalau memungkinkan tanya berapa lama durasi PKL. Ingat: Orang di industri itu pada sibuk, jadi berlatih lah berkomunikasi efektif, efisien, to the point/tidak bertele-tele, dan clear. Saran saya telepon di jam-jam setelah istirahat makan siang jam 1 atau ½ 2 itu lebih efektif karena load kerjaan di jam2 efektif antara jam 9-12 kemungkinan gak diangkat atau kalo operatornya lagi bad mood bisa kena dampaknya kita. Hehehhe pengalaman beberapa teman…

Q: Trus abis itu cari kosan atau tempat tinggalnya gimana Mba?

A: Khan kalian punya partner, kalo PKL di industri gak mungkin sendiri. Yah ‘kongkalingkong’ lah yah. Beberapa teman ada yang survey ke daerah yang akan dituju, ada yang minta dicarikan sama temannya yang ada di daerah tsb atau lebih efektif lagi cari referensi dari kakak tingkat yang pernah magang di sana (menghemat biaya & waktu, dan dah tahu ‘kasaran’ lingkungan kosan seperti apa). Tapi aku pengennya liat dulu tempatnya mba, enak atau gak? Khan dah banyak kerjaan di industri jadi pengen kosannya enak buat belajar. Lagi2, it’s up to you…Khan dah gede lah yah (hehehehe…) pasti bisa milih, bs mempertimbangkan biaya, lokasi, lingkungan, nyaman atau gak nya, de el el…

Q: Lha biaya hidupnya gimana Mba? Emang habis berapa seh sebulannya? Dapat uang saku gak Mba dari industrinya?

A: Sekedar buat gambaran, memang perbedaan agak signifikan biaya hidup kalau kalian PKL di daerah Solo, Yogya, Wonosobo, Pandanaan (Jatim) dengan Jakarta & Bandung. Mungkin kalau di Solo dkk, jika kalian bisa berhemat bisa habis 500 rb-an sebulan (anak kosan di jogja pasti tahu kira2 brp). Jakarta & Bandung beda perkara. Neh liat rincian kasarannya:

PS: Ini gak berlaku kalau yang tinggal ma keluarga (kayak saya…hehehe) dan yang nebeng ma keluarga.

Nah perihal uang saku, itu tergantung perusahaan. Hampir semua PMA tidak memberikan uang saku, tapi bocoran buat yang akan magang di GSK, berkat perjuangan kami (saya dan teman saya) sepertinya ke depan akan ada lagi ‘uang transport’…Ahahhahay lebay.com. Karena kami gak terima, melihat teman2 SOHO dikasih (wekkekk tambah lebay). Tapi beberapa PMDN ngasih kok, kayak SOHO, Ferron, gak seberapa tapi cukup membantu…

Q: Lha trus sebelum itu harus belajar apa dulu Mba untuk persiapan?

A: Sebenarnya dibanding belajar ‘pusing-pusing’ ilmu kefarmasian lebih baik SIAPKAN MENTAL Anda…Hahahaha!!! Buat gambaran aja tapi bisa lebih luas loh ya, neh Mba kasih bocoran lagi (Baekkan aku??? Narsis lagiiii….)

PKL INDUSTRI

Lagi-lagi dari semuanya, saya sarankan untuk BACA, HAYATI, dan AMALKAN CPOB 2006 dalam kehidupanmu di INDUSTRI nanti! Hahahaha….Buku Petunjuk Operasional CPOB jg yah dibawa, terkadang diperlukan.

Bawa buku-buku yang umum-umum aja, misal CPOB, POP CPOB, Manajemen Farmasi Industri (Pak Priyambodo), Validasi, Analisis, klo saya lbh prefer E-book daripada over bagasi…

Oh ya hampir lupa jangan lupa bawa laptop sendiri lebih nyaman…printer ga terlalu urgent karena kita dpt fasilitas ngeprint di industri dan kebanyakan data tidak boleh dibawa keluar!!! (Kalian harus jujur loh yah, jangan ‘menyelewengkan’ data-data rahasia perusahaan. Itu menyangkut NAMA BAIK kalian dan almamater kita)

Dan Ada baiknya ketika akan memulai kalian melakukan komunikasi dengan supervisor kalian di sana seperti:

  • Mengungkapkan apa yang ingin dicapai dari PKL ini dari pihak kampus sendiri dan harapan kalian
  • Jika mereka tidak sempat membuat rencana kerja yang jelas, ada baiknya kalian mengusulkan. Misalnya minggu pertama training dulu, penjelasan ttg perusahaan secara global, struktur perusahaan, dll.
  • Tanyakan kalian akan ditempatkan di dept mana (tidak mungkin kalian akan semua ke dept tanpa fokus di salah satu), tapi visiting dan meminta kerjaan ke dept lain ‘mungkin’ saja dimungkinkan kalau disetujui ma supervisor
  • Saran saya walaupun tidak diminta, ada baiknya kalian mengamati dan membuat Gap Analysis pelaksanaan CPOB di industri tersebut soalnya ntar presentasi dan pertanyaan kompre akan seputar itu…Jadi kalian dah siap dari sekarang!!!!
  • PKPA APOTEK
  • Do’s:
    • Jaga hubungan baik dengan semua karyawan yang ada di sana, dari kalangan bawah sampe atas. Penilaian attitude menurut saya lebih dari segala-galanya. Kalau attitudenya aja dah jelek, gimana org mau bersimpati apalgi membantu kalian di sana.
    • Jangan kalian yang minta disesuaikan tapi yang harus adaptasi itu KALIAN. Mulai dari ritme kerjanya, yang terbiasa putri Solo hayo siapa ngacung??? Loh!!! Nah itu, maksud saya kalo kebiasaan serba lelet, jangan harap di kota besar Jakarta dan kebetulan kamu dapat PMA lelet kamu harus dibuang jauh-jauh….
    • Gunakan pakaian yang sopan, rapi. Industri biasanya punya peraturan sendiri soal berpakian, ditanyakan pas di awal kalo kelupaan supervisornya ngasih tahu. Ikuti aturan yg ada. Kalo di tempat saya magang hari Senin-Kamis office outlook, hari Jumat ada yg pake batik atau kaos berkerah dan celana jeans diperbolehkan.
    • Hampirrr lupaaa lagi, jangan lupa sebelum PKL/PKPA kalian harus pre test dulu sama dosen pembimbing yang ada di kampus. Klo dosen pembimbing PKL saya seh maunya barengan satu kelompok besar (semua yang dibimbing sama bapaknya gitu kumpul), gak ada soal pre test tapi saya gak tahu sama yang lain. Klo dosen pembimbing PKPA Apotek yah ditanya2in lah semua aspek ttg apotek. Belajar lah buat persiapan kita-nya juga kok!

    Akhirnya karena ketikers-nya sudah lelah bin capek, dan juga sudah larut malam. Saya akhiri sampai di sini dulu. Smoga lancar yah PKL dan PKPAnya! Berdoa untuk dilancarkan dan gak usah mikir yang macem2…Dinikmati sajaaaaaa!!!! Pasti kalian akan merindukan saat-saat itu…***Hahaha sok bijak

    Oh ya kalo ada yang mau nanya via message FB aja yah. Jangan heran pas ketemu Mba dan Mba sedang gak mood buat jawab pasti tulisan ini saya rekomendasikan untuk dibaca dan dihayati dulu. Hehehhe….peace3x! InsyaAllah yang mau tanya-tanya saya jawab kalau saya bisa, apalagi yg akan magang di GSK saya kasih 2 sks tenang aja…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s